Skip to main content

Tentang Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google yang membantu anda mengawasi, memelihara, dan memecahkan masalah tampilan situs anda pada saat pengujung menggunakan Google Penelusuran. Anda tidak perlu mendaftar ke Search Console untuk ditampilkan di Google Penelusuran, namun Search Console membantu anda memahami dan meningkatkan bagaimana cara Google menampilkan situs anda pada saat pengujung melakukan penelusuran. Search Console menawarkan fitur dan solusi untuk anda, diantaranya adalah: Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan menjelajahi situs anda. Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui. Menampilkan data Penelusuran Google  untuk situs anda: tentang seberapa sering situs anda muncul di Google Penelusuran, pertanyaan seputar penelusuran yang menampilkan situs anda, seberapa sering pengunjung mengeklik situs anda , dan lainnya. Mendapatkan peringatan saat Google menemukan masalah pengindeksan,

Google Analytics: Apa itu?

Google Analytics
Google Analytics banyak digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang
pelanggan oleh setiap organisasi yang sukses, baik itu dari pendidikan, transportasi, perjalanan, atau kesehatan. Hasilnya, organisasi memilih cara pendekatan yang  terbaik untuk melayani klien mereka.

Google Analytics adalah layanan Google yang banyak digunakan untuk melacak aktivitas pengunjung website. Layanan Google Analytics memungkinkan anda untuk menganalisis data pengunjung secara menyeluruh di situs web anda. Google Analytics adalah alat utama untuk manajemen lalu lintas di semua aspek. Hampir setiap konten yang anda publikasikan secara online dapat dilacak dan dipantau di dasbor anda. Tampilan close-up dari setiap konten memungkinkan anda untuk melihat interaksi dan menentukan apa yang berhasil dan apa yang tidak. Kemampuan pencarian yang kuat dan kemampuan untuk membuat kueri memungkinkan anda untuk membenamkan data anda secara online.

Google Analytics menghitung apa?

Dimensi dan metrik adalah dasar dari penelitian analitik Google. Dimensi adalah karakteristik hasil analisis anda, seperti kota asal kunjungan, halaman yang anda hitung, atau platform media sosial yang anda analisis. Metrik adalah ukuran kuantitatif dari dimensi tertentu. Misalnya, jika anda tertarik dengan bagaimana kinerja iklan anda di kota tertentu (dimensi), metrik anda adalah jumlah sesi berbayar yang terdaftar.

Google Analytics

Apa manfaat menggunakan Google Analytics?

  • Google Analytics tersedia secara online gratis, tanpa perlu berlangganan atau membeli. Selain itu, Google Analytics menyediakan statistik, angka, dan analisis pelacakan gratis untuk anda. Untuk bergabung dengan Google Analytics, anda akan memerlukan akun Gmail, yang juga gratis untuk dibuat jika anda belum memilikinya.
  • Anda dapat mempelajari tentang usia, jenis kelamin, minat, perangkat, dan lokasi penonton anda menggunakan Google Analytics.
  • Pengawasan Waktu Nyata memungkinkan anda untuk melacak pengoperasian situs web atau perangkat. Laporan tersebut terus diperbarui, dan setiap interaksi dengan situs anda dilaporkan beberapa detik kemudian.
  • Pemantauan real-time memungkinkan Anda melacak statistik lokasi, sumber lalu lintas, berapa banyak pengguna yang benar-benar ada di situs anda, halaman mana saja yang berinteraksi dengan mereka, dan statistik target perolehan konversi.
  • Fitur-fitur baru terus ditambahkan, dan perangkat lunak Web Analytics telah berkembang menjadi solusi kelas atas untuk bisnis kecil, menengah, dan besar (multinasional).
  • Layanan Google Analytics memungkinkan anda untuk menganalisa data pengunjung secara menyeluruh pada situs web anda. Tidak hanya berkinerja mengagumkan di web, tetapi versi Google Play Store-nya membuatnya sepenuhnya dapat diakses oleh smartphone dan tablet. Google Analytics juga terintegrasi dengan baik dengan Google AdWords.
  • Google Analytics memungkinkan anda untuk menentukan platform sosial mana, seperti Facebook, Linkedin, dan Twitter, yang akan ditargetkan. Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat apa yang menarik perhatian pengguna dan kemudian menempatkan iklan yang sesuai.
  • Pengumpulan data dilakukan secara otomatis. Yang harus anda lakukan adalah membuat akun Google Analytics dan menempelkan beberapa kode ke dalam situs web anda. Hasilnya, Google Analytics mulai secara otomatis mengumpulkan data dari situs web anda dan melaporkan hasilnya.
  • Google Analytics membantu bisnis dalam menentukan persaingan dengan memberikan informasi tentang berapa banyak pengunjung situs web pesaing anda dibandingkan dengan situs web anda.

Apa saja kelemahan Google Analytics?
  • Data tidak akan pernah sempurna, dan menggunakannya untuk eCommerce adalah tugas yang menantang.
  • Situs besar memiliki masalah pengambilan sampel, sehingga sulit bagi studi yang lebih terperinci untuk menghasilkan hasil yang bermakna secara statistik.
  • Karena Google adalah pemilik situs web, perusahaan dapat mengubah atau meningkatkan fitur-fiturnya kapan saja.
  • Ketika Anda perlu memecahkan masalah, menghubungi petugas langsung, selain tenaga penjualan, sangatlah sulit, sehingga membuat tenaga penjualan yang lebih kecil akan lebih diminati saat pertanyaan harian muncul. 
Google Analytics


Google Analytics
, adalah aplikasi yang efektif, serbaguna, dan ramah pengguna yang memungkinkan anda menampilkan dan menganalisis data lalu lintas anda dengan cara yang benar-benar baru. Google Analytics adalah alat yang luar biasa untuk industri apa pun, memungkinkan anda lebih siap untuk menulis iklan yang ditargetkan dengan lebih baik untuk meningkatkan kampanye pemasaran anda dan membangun situs web dengan konversi yang lebih tinggi. Ketika digunakan dengan benar, Google Analytics menyediakan informasi berguna yang dapat anda gunakan untuk menilai situs web anda, mengikuti kompetitor, memahami pelanggan, dan beradaptasi dengan kebutuhan mereka. Akhirnya, ini akan membawa kesuksesan bagi anda!

Comments

Popular posts from this blog

Google Workspace: What is it?

 In 2016, Google abbreviated "Google Apps for Your Domain" to "Google Apps" and changed the name to "G Suite." Google refined its offering in response to the rising demand for online workspace and collaboration in 2019 and 2020, and the productivity suite underwent another name change to "Google Workspace" on October 6, 2020. Although Google Workspace initially appears to be exactly like G Suite, recent updates and additions have made it even better. Google Workspace: What is it? Users can access a virtual workplace with Google Workspace. It promotes teamwork, facilitates effective communication, and improves Google products that are used frequently in your workflow. For startups, companies, corporations, people (more on that later), nonprofits, and education, Google Workspace provides a selection of communication and productivity apps. Calendar, Gmail, Docs, Sheets, Slides, Forms, Sites, Keep, Meet, Drive, and more tools are included in the prod

Gmail Drive

  Layanan  Gmail atau Google Mail merevolusi dunia email berbasis web, memberikan akses kepada pengguna ke ruang penyimpanan yang hampir tidak terbatas untuk email mereka. Meskipun titik pemasaran utama dari ruang penyimpanan ini adalah bahwa email tidak pernah harus dihapus, hanya sedikit orang yang membutuhkan ruang sebesar ini untuk menyimpan pesan mereka. Penambahan Drive Gmail memungkinkan Anda untuk memanfaatkan ruang ini dengan baik dengan mengubahnya menjadi penyimpanan online yang dapat diakses melalui Explorer. Drive virtual yang dibuat dapat digunakan seperti yang lainnya - cukup seret dan letakkan file ke tempatnya dan peralatan ini akan menghasilkan email dengan file-file pilihan anda yang dilampirkan ke dalamnya. Ini memberikan cara yang bagus untuk memastikan bahwa file yang anda butuhkan dapat diakses dari komputer mana pun yang memiliki koneksi internet dan membantu memanfaatkan ruang penyimpanan gratis Google dengan lebih baik. Untuk mencegah kotak masuk Google anda d

Tentang Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google yang membantu anda mengawasi, memelihara, dan memecahkan masalah tampilan situs anda pada saat pengujung menggunakan Google Penelusuran. Anda tidak perlu mendaftar ke Search Console untuk ditampilkan di Google Penelusuran, namun Search Console membantu anda memahami dan meningkatkan bagaimana cara Google menampilkan situs anda pada saat pengujung melakukan penelusuran. Search Console menawarkan fitur dan solusi untuk anda, diantaranya adalah: Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan menjelajahi situs anda. Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui. Menampilkan data Penelusuran Google  untuk situs anda: tentang seberapa sering situs anda muncul di Google Penelusuran, pertanyaan seputar penelusuran yang menampilkan situs anda, seberapa sering pengunjung mengeklik situs anda , dan lainnya. Mendapatkan peringatan saat Google menemukan masalah pengindeksan,