Pada tahun 2016, Google menyingkat "Google Apps for Your Domain" menjadi "Google Apps" dan mengubah namanya menjadi "G Suite." Google menyempurnakan produknya sebagai jawaban atas meningkatnya permintaan ruang kerja dan kolaborasi online pada tahun 2019 dan 2020, kemudian layanan ini mengalami perubahan nama lagi menjadi "Google Workspace" pada tanggal 6 Oktober 2020. Meskipun Google Workspace pada awalnya tampak persis seperti G Suite, namun pembaruan dan peningkatan fitur telah menjadikannya lebih baik.
Google Workspace: Apa itu?Para pengguna dapat mengakses tempat kerja virtual dengan Google Workspace. Google Workspace meningkatkan kerja tim, memfasilitasi komunikasi yang efektif, dan meningkatkan produk Google yang sering digunakan dalam proses kerja anda.
Untuk startup, perusahaan, korporasi, individu, organisasi nirlaba, dan pendidikan, Google Workspace menyediakan pilihan aplikasi komunikasi dan produktifitas. Kalender, Gmail, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Situs, Keep, Meet, Drive, dan banyak lagi alat bantu lainnya termasuk dalam perangkat produktifitas. Google menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih baik, identitas baru, dan banyak lagi dengan Google Workspace.
Sekilas tentang fitur Google Workspace
Google tidak hanya mengubah nama G Suite menjadi Google Workspace dan berhenti begitu saja. Ikon-ikon baru untuk identitas yang homogen, pengalaman pengguna yang dipermudah, dan add-on baru untuk mengatasi pembatasan akun Google pribadi gratis, semuanya merupakan bagian dari perubahan.
Misalnya, desain ulang terbaru Gmail menggabungkan Chat, Meet, dan Spaces. Anda tidak perlu membuka lusinan tab untuk melihat tampilan file, membuat email, memulai panggilan video, atau berkomunikasi dengan rekan kerja.
Fitur lain yang menghemat waktu adalah fitur @mentions yang disempurnakan dan kemampuan untuk melihat tampilan file di Spreadsheet, Slide, dan Docs. Anda menerima Gmail bebas iklan, durasi meeting yang lebih lama, perekaman meeting, dan pengurangan kebisingan di Google Meet jika dibandingkan dengan akun Google gratis.
Kontrol kebijakan berbasis grup, pencegahan kehilangan data (DLP), brankas untuk menyimpan, mengarsipkan, dan mencari data, pengelolaan titik akhir, dan langkah-langkah keamanan lainnya adalah beberapa fitur yang tersedia. Untuk mengelola startup dan bisnis anda dengan komunikasi dan kerja tim yang efisien, Google Workspace sangatlah diperlukan.
Penghitungan Biaya Google Workspace
Paket Workspace digolongkan oleh Google ke dalam tiga kelompok: Individu, Bisnis, dan Perusahaan. Mari kita periksa setiap paket dengan cermat untuk menentukan mana pilihan terbaik untuk anda.
- Google Workspace Perorangan
Paket Google Workspace Business tidak diperlukan untuk semua orang. Paket perorangan Google Workspace bisa cocok untuk anda jika anda adalah pemilik perseorangan, pemilik perusahaan kecil, atau memiliki bisnis sampingan dengan beberapa proyek dan klien.
Anda menerima layanan pelanggan kelas satu, penjadwalan janji bertemu yang mudah, tata letak Gmail yang dapat disesuaikan, dan semua fitur Google Meet untuk panggilan video yang menawan. Tidak ada lagi penyimpanan Google Drive yang disertakan. Penyimpanan tambahan harus dibeli menggunakan salah satu paket Google One. Alamat email yang dipersonalisasi juga tidak termasuk dalam paket Individual.
Biaya Google Workspace Individual mulai dari $4,2 per bulan untuk paket bisnis dengan uji coba gratis 14 hari.
- Google Workspace Business
Tersedia tiga opsi Google Workspace Business. Anda dapat memilih salah satu, tergantung pada jumlah peserta, jumlah penyimpanan yang dibutuhkan, dan fitur keamanan.
- Paket yang sesuai untuk perusahaan rintisan dan bisnis kecil adalah Google Workspace Business Starter. Anda bisa mendapatkan akun email yang dipersonalisasi, hingga 100 orang dalam rapat video, penyimpanan Google Drive 30GB per pengguna, serta fitur keamanan dan manajemen dasar seharga $4,2 per pengguna setiap bulannya.
- Google menetapkan harga $9,8 untuk Google Workspace Business Standard dengan menaikkan batas peserta menjadi 150 pengguna dan penyimpanan Google Drive khusus pengguna menjadi 2TB. Di Google Meet, Anda dapat merekam percakapan yang nantinya dapat Anda bagikan dengan orang lain.
- Google Workspace Business Plus: Membuka berbagai fitur tambahan seperti 500 peserta di Google Meet, pelacakan kehadiran, ruang penyimpanan 5TB di Drive untuk setiap pengguna, mekanisme keamanan yang lebih baik seperti Vault, dan manajemen endpoint yang komprehensif. Biaya bulanannya adalah $18 per pengguna.
- Workspace Enterprise
Hubungi tim penjualan untuk paket Enterprise jika 500 anggota tidak mencukupi. Paket ini mencakup setiap fitur dan semua fasilitas yang ditawarkan Google untuk bisnis. Anda mendapatkan peningkatan dukungan, manajemen titik akhir perusahaan, streaming langsung dalam domain, penyimpanan Google Drive tanpa batas, dan pengurangan kebisingan.
Untuk lembaga nirlaba dan institusi pendidikan terakreditasi, Google juga menyediakan opsi Workspace yang berbeda.
Comments
Post a Comment